5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Malang

Pantai Kondang Merak

Pantai Bajul Mati Malang1. Pantai Bale Kambang

Pantai Balekambang, adalah salah satu obyek wisata pantai yang bisa di kunjungi di Malang. Pantai ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang terbentang dengan sangat indah dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

2. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang.Pantai Ngliyep adalah pantai dengan keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing yang curam dan hutan lindung di sekeliling pantai. Pasir putihnya yang masih alami dan ombak yang serasa bermain di sela-sela tebing membuat pantai Ngliyep layak untuk dikunjungi. Akses jalan menuju ke pantai ini dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang yaitu Kepanjen, tergolong mudah. Infrastruktur jalannya memadai dan medan yang tidak terlalu ekstrem, sangat memudahkan perjalanan kami yang kala itu menggunakan sepeda motor.

3. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajulmati berlokasi di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, tepatnya 58 Km arah selatan dari kota Malang atau sekitar 10 menit dari Pantai Goa Cina. Apabila ingin bepergian ke Pantai Bajulmati, Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa China ini sebaiknya lewat Turen, Sumbermanjing Wetan. Dalam perjalanan menuju pantai ini harus hati-hati, meskipun jalan terbilang mulus tapi banyak jalanan yang menikung tajam layaknya jalan-jalan di pegunungan. Kebugaran kendaraan harus diperhitungkan, sebab jalan sangat sepi dan tidak mudah untuk mencari bantuan. Pantai Bajulmati mempunyai kelebihan yaitu dengan teluk-teluk nan indah. Selain menghadirkan pesona alam laut selatan, Pantai Bajulmati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Seperti namanya yakni Bajulmati yang berarti Biawak Mati (Buaya Mati), di pantai ini Anda dapat melihat beberapa gugusan bukit diseberang pantai yang terlihat dari kejauhan seperti bajul mati. Pantai ini merupakan pula tempat yang baik untuk berkemah.

4. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina merupakan pantai yang letaknya berdekatan dengan pantai Sendang Biru. Jarak dengan pantai Sendang Biru dengan Pantai Goa Cina sekitar 6 KM ke arah barat, tepatnya berada di dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di sekitar pantai yang ditemukan oleh pertapa keturunan cina (1950) ini juga terdapat banyak Goa sehingga pantai ini pun dinamakan dengan sebutan pantai goa cina. Keindahan alamnya yang masih asri nan alami dan beberapa pulau-pulau kecil di tengah laut ikut menghiasi keindahan alam pantai Goa Cina. Pemandangan alam pantai disini memang sangat indah namun sayangnya pengunjung wisatawan tidak boleh berenang di pantai ini karena arusnya bawah lautnya yang deras dan ada yang kedalaman lautnya curam.

5. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merang memang kurang familiar dibandingkan dengan pantai Balekambang meskipun letaknya sangat dekat sekitar 2 km saja.Pantai Kondang Merak berlokasi di Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Merupakan pantai yang masih alami dan penghasil berbagai ikan hias. Nama Kondang Merak berasal ketika penduduk setempat sering melihat burung Merak singgah untuk meminum air tawar yang terdapat di sekitar pantai, Pantai itu pun menjadi terkenal karena burung Meraknya, hingga munculah sebutan nama “Pantai Kondang Merak”. Untuk para adventure sepertinya cocok bila berkunjung ke sini . Medan nya sangat menantang karena jalan jalannya masih dari tumbukan batu saja di 1 km sebelum pantai sehingga memacu adrenalin.