Kabupaten Malang, Surganya Coban

Air Terjun Coban Rondo - Wisata di Malang

Air Terjun Sumber PituKabupaten Malang bisa dibilang sebagai surganya coban atau air terjun. Selain secara kuantitas jumlahnya yang mencapai ratusan, coban – coban di Kabupaten Malang mempunyai pemandangan yang sangat indah.
Tengok saja Coban Sumber Pitu yang berlokasi di Lereng Gunung Semeru. Lokasinya berada di Desa Suwet Krajan, Kecamatan Tumpang. Coban ini bersumberkan air yang keluar dari celah dinding tebing. Dinamakan Sumber Pitu karena ada tujuh air terjun yang jaraknya berdekatan, dan semuanya keluar dari sumber, bukan dari sungai seperti coban – coban pada umumnya.
Selain menawan, debit air dari sumber cukup besar, lebih dari seribu liter per detik. Dari besarnya potensi itu, sebanyak 300 liter per detiknya tengah diupayakan untuk dimanfaatkan warga Kabupaten dan Kota Malang.
Selain Sumber Pitu, juga ada Coban kembar di Kecamatan Poncokusumo juga terdapat sejumlah objek wisata yang tak kalah menarik. Ada Coban Raksasa yang terletak di Desa Ngadas. Ada Coban Trisula dan Coban Pelangi yang juga terletak di Kecamatan Poncokusumo.
Sedangkan di Kecamatan lainnya juga ada Coban Jae yang terletak di Jabung. Coban Jae yang juga banyak dikunjungi wisatawan terebut cukup kental dengan nilai sejarah masa perjuangan kemerdekaan. Di Coban inilah tentara Jepang membantai banyak warga Kabupaten Malang. Karena itulah, dinamai Jae yang asal katanya berasal dari dipejai atau dibunuhi.
Ada juga Coban Parangtejo di Kecamatan Dau, Coban Glotak dan Coban Keloksongo yang dua-duanya terletak di Kecamatan Wagir. Coban Keloksongo ini baru saja dibuka sejak tahun lalu dan dibuatkan jalan setapak.
Disisi barat, potensi wisata air juga tidak kalah menarik. Ada Coban Rondo, Coban Manten, Coban Grojogan Sewu, Coban Kodo, dan Coban Sriti. Coban – coban yang ada di wilayah Kabupaten Malang bagian barat ini menjadi wisata favorite di Malang dan melegenda.