Keindahan Arboretum Sumber Brantas

arboretum sumber brantas

Arboretum Sumber BrantasJika anda berwisata ke Kota Batu, Jawa Timur, tujuan pasti menikmati suasana sejuk areal perkebunan apel dan aneka tanaman. Namun, ada baiknya sekalian kita melongok juga ke Arboretum Sumber Brantas di sebelah timur kaki Gunung Anjasmoro.

Apa itu arboretum? Dalam bahasa Latin, arboretum berasal dari kata arbor yang berarti pohon, dan retum yang berarti tempat. Sedangkan arboretum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan.
Dan perlu anda ketahui nama Arboretum Sumber Brantas diberikan Menteri Kehutanan RI (saat itu Ir. Hasrul Harahap) saat berkunjung ke Sumber Brantas pada 1989. Lalu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 631 Tahun 1986, lokasi kawasan mata air Sumber Brantas ditetapkan sebagai daerah suaka alam dalam wilayah tata pengairan Sungai Brantas.

Lokasinya yang cukup tinggi membuat Arboretum ini memiliki iklim lokal yang cukup dingin. Kehijauan dan kesejukan yang ditawarkan sangat membuat pengunjung ingin berlama-lama menikmatinya. Tak hanya pemandangannya yang eksotik, koleksi bunga dan pohon-pohon tegakan langka di sana sangat menggoda. Kawasan ini juga dikenal sebagai titik nol sumber air hulu Brantas.
Kecantikan Arboretum Sumber Brantas ini juga mengasyikkan bagi yang suka hunting foto (fotografi), tempat yang penuh dengan sudut natural. Namun jika anda ingin puas berada di objek wisata tersebut, berangkatlah pada saat pagi hari karena sinar matahari hanya bersinar sampai jam 10 pagi dan pada jam 2 siang kabut mulai turun dan hujan.