Uniknya Fenomena Laut di Tengah Pulau Sempu

Wisata Pulau Sempu

Wisata Pulau SempuINDONESIA kaya akan destinasi wisata yang unik dan fenomenal. Ada pulau di tengah danau di Danau Toba, ada pula danau yang dihuni ubur-ubur tak beracun di Derawan. Lain lagi di Pulau Sempu, ada laut di tengah-tengah pulau!

Pulau Sempu berada tak jauh dari Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang, lokasinya  sekira 80 kilometer dan dari ibu kota Jawa Timur, Surabaya jaraknya sekira 180 kilometer.  Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Di Pulau Sempu terdapat Laguna Segara Anakan, yang menjadi alasan wisatawan datang ke pulau ini. Berada sekira 2,5 kilometer ke dalam pulau melewati hutan lebat, laguna ini adalah pantai berpasir putih yang sangat indah.

Air di Laguna Segara Anakan ini tenang dan karenanya merupakan tempat yang sempurna untuk berenang. Dengan lokasinya yang terpencil dan jalur yang agak sulit diakses, Segara Anakan menyuguhkan suasana intim dan privat. Laguna ini terbentuk karena air laut dari luar pulau masuk melalui karang, demikian seperti dikutip dari Indonesia.travel, Sabtu (19/10/2013).

Perjalanan menuju Sempu adalah petualangan yang menantang siapa saja yang ingin menjamah  Laguna Segara Anakan. Petualangan dimulai dengan menyeberangi selat dari Pantai Sendang Biru menuju ke Teluk Semut (Ant Bay) di Pulau Sempu. Dari sini, perjalanan dilanjutkan melalui jalur trekking selama sekira dua jam melalui hutan lebat dan melintasi jalan curam dan terjal sebelum tiba di lokasi laguna.

Meski jalur yang dilalui agak sulit dan licin tetapi usaha menyaksikan keindahan yang ditawarkan laguna cantik yang tersembunyi ini memang layak diperjuangkan. Apabila Anda membutuhkan kapal dan jasa pemandu untuk menuju Pulau Sempu, Anda dapat mencarinya di daerah Pantai Sendang Biru.

Sumber : travel.okezone.com