Wisata di Malang Raya vs Wisata di Kota Batu

Wisata di Malang Raya dan Kota Batu

Wisata di Malang Raya dan Kota BatuWisata di Malang raya dan Wisata di Kota Batu tidak dapat dibandingkan, tetapi sebaliknya 2 tujuan wisata yang dulunya satu kota ini saling mendukung dalam hal pariwisata. Sebenarnya wilayah yang memang berdekatan ini dibagi dalam 3 wilayah, yaitu Kota Malang yang terkenal dengan museum dan wisata belanjanya, Kabupaten Malang yang terkenal dengan banyaknya pantai, dan Kota Wisata Batu yang sekarang terkenal dengan berbagai objek wisata modern yang didominasi Jatim Park Group. Dalam artikel ini kami akan menjabarkan sedikit tentang wisata di Malang dengan 2 wilayah yaitu Kota Malang beserta Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu yang memang sekarang menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke wilayah ini. Sekali lagi bukan untuk membandingkan, tetapi tujuan dari artikel ini memberikan gambaran sejelas-jelasnya tentang pariwisata di wilayah ini

dan mempermudah rencana perjalanan para calon wisatawan.

Sedikit perbedaan Wisata di Malang Raya dan Wisata di Kota Batu

Jenis pariwisata

Diatas sudah sedikit kami jelaskan tentang beberapa objek wisata menarik di wilayah ini, disini akan kami sampaikan apa saja objek wisata tersebut dengan beberapa kelebihannya dan kekurangannya apabila ada. Di Malang raya sangat terkenal dengan pantainya yang tepatnya berada di Kabupaten Malang, ada beberapa pantai di Malang yang sangat indah seperti pantai Goa Cina, Bajul Mati, Balekambang, Sendang Biru, Ngliyep dan beberapa pantai tidak kalah indah tetapi masih belum dikelola untuk pemerintah daerah dan hanya sedikit dikunjungi oleh wisatawan, biasanya pantai seperti ini mempunyai jalan yang amat susah dilalui kendaraan, karena jalannya yang masih alami dengan lumpur dan banyaknya hutan yang dilalui. Selain itu masih di Kabupaten Malang ada juga Pulau Sempu yang memang sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, pulau ini berada di seberang dari pantai Sendang Biru, dan jalurnya pun masih harus tracking atau berjalan kaki kurang lebih 2 jam perjalanan, tetapi dapat dipastikan ketika kita sudah tiba di segara Anakan semua rasa capek akan terbayarkan dengan pemandangan yang amat indah. Di Kota Malang sendiri masih seperti kota-kota besar lainnya, sektor pariwisata yang paling menarik yaitu di wisata belanjanya, karena banyaknya pusat perbelanjaan modern di kota ini seperti Malang Town Square atau Mall Olimpyq Gareden dan yang paling baru Malang City Point. Selain itu di Kota Malang juga terdapat beberapa museum yang juga menarik dikunjungi seperti Museum Tempoe Doeloe atau Museum Brawijaya yang memamerkan berbagai senjata perang di jaman penjajahan dan beberapa barang bersejarah khas milik TNI.

Harga tiket masuk objek wisata

Untuk harga tiket masuk wisata di Malang Raya lebih murah dibandingkan dengan wisata di Kota Batu, karena di Kota Wisata Batu objek wisata di dominasi objek wisata modern yang memang layak untuk biaya tiket lebih mahal. Sedangkan di Malang raya didominasi objek wisata pantai yang mempunyai tiket masuk relatif lebih murah dan bahkan ada beberapa objek wisata pantai yang belum dikelola dan tiket pun cenderung lebih murah lagi karena dana dari tiket hanya dialokasikan untuk warga setempat dan beberapa museum di Kota Malang juga tidak dapat dibandingkan dengan objek wisata modern di Kota Wisata Batu. Di Kota Batu pun sebenarnya masih banyak objek wisata yang tiketnya pun relatif murah, seperti wahana air terjun Coban Rondo dengan tiket Rp. 15.000,- dan juga Taman Rekreasi Selecta dengan tiket masuk hanya sebesar Rp. 20.000,- tetapi alangkah sayangnya apabila berwisata di wilayah ini tidak mengunjungi objek wisata modern yang memang sangat terkenal di Indonesia, seperti Jatim Park 1 & 2 ataupun objek wisata barunya yaitu Museum Angkut.

Fasilitas pariwisata

Untuk fasilitas mungkin wisata Malang Raya masih kalah dengan Kota Wisata Batu yang memang jauh-jauh hari selalu meningkatkan sektor pariwisatanya dengan terus membangun dan memperbaiki segala fasilitas yang berhubungan dengan pariwisata. Dan yang paling baru berita dari Kota Wisata Batu yaitu akan dibangunnya kereta gantung yang menghubungkan beberapa objek wisata di wilayah ini. Sedangkan di Kota Malang fasilitas pariwisata masih jauh dibawa standart, tetapi kemungkinan besar kota Malang akan terus mengembangkan sektor ini, seperti yang sekarang yaitu dibangun dan diperbaikinya alun-alun Kota Malang. Meskipun ketinggalan jauh dari Kota Wisata Batu yang mempunyai alun-alun kota sangat nyaman dari beberapa tahun lalu, kota Malang sedikit demi sedikit memajukan sektor pariwisatanya. Di objek wisata pantai yang berada di Kabupaten Malang juga masih jauh dari kata standart, malah sepertinya fasilitas yang ada hanya alakadarnya, semoga kedepannya pemerintah daerah semakin sadar akan prospek dari sektor pariwisata.

Sekian beberapa perbedaan dari Wisata di Malang Raya dan Wisata di Kota Batu, kesimpulan dari tulisan kami diatas adalah dari banyaknya objek wisata yang ada di wilayah ini mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh tidak ada salahnya untuk mengunjungi semua objek wisata yang menurut Anda menarik di wilayah ini.