Wisata di Pasuruan

Sunrise di Bromo

Sunrise di Bromo1. Bromo Spectaculer

Seperti Wisata di Malang, Wisata di Pasuruan juga mengandalkan keindahan Gunung Bromo karena memang letak dari Bromo yang berada diantara beberapa kota, selain Malang dan Pasuruan juga diantara kota Proboilinggo dan Lumajang. Pemandangan matahari terbit merupakan salah satu daya tarik dari Gunung Bromo, pemandangan tersebut hanya dapat dilihat dari puncak penanjakan kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan dan merupakan view sunrise terindah di muka bumi selain sunrise di gunung Fuji Jepang. Selain matahari terbit terdapat pula objek-objek wisata lain yang dapat dikunjungi diantaranya bukit cinta, Padang savana dan gua Widodaren.

2. Danau Ranu Grati

Ranu Grati adalah sebuah danau alam yang terletak di Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dengan luas 1085 ha dan merupakan satu-satunya danau / ranu yang terdapat pada dataran rendah. Menurut legenda danau ranu grati terjadi karena amarah Begawan Nyampo terhadap masyarakat yang telah membunuh putranya bernama Baru Klinting yang berwujud ular. Dalam amarahnya Begawan Nyampo membuat sayembara barang siapa dapat mencabut lidi yang ditancapkan oleh orang yang bisa mengalahkan dia. Namun tak seorang pun bisa mencaput lidi tersebut, akhirnya Begawan Nyampo sendiri yang mencabutnya dan setelah itu air yang melimpah dan menenggelamkan desa tempat Baru Klinting terbunuh. Berbagai fasilitas terdapat di objek wisata ini, dari perahu boat, sepeda air dan pemancingan selain itu terdapat berbagai rumah makan apung dengan menu khas sate ikan patin.

3. Pemandian Alam Banyubiru

Pemandian Alam Banyubiru yang dulunya dikenal dengan nama Telaga Wilis merupakan telaga alami yang terletak di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Telaga ini merupakan pemandian alam yang dipercaya mempunyai khasiat oleh penduduk sekitar. Mandi dipemandian Alam Banyubiru dipercaya memberi manfaat berupa awet muda dan bisa memberikan kesegaran hati. Terutama pada jumat legi pemandian ini selalu ramai oleh pengunjung, pengunjung bukan hanya datang dari wilayah Pasuruan, tetapi banyak juga yang datang dari beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta maupun Bali. Banyubiru merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang mempunyai hubungan sejarah dengan nenek moyang mereka, konon pada jaman dahulu tempat ini digunakan untuk mensucikan diri.

Hari ini saya tuliskan tiga objek wisata yang paling terkenal di Kabupaten Pasuruan, di artikel selanjutnya saya akan menulis beberapa objek wisata lain yang harus Anda kunjungi ketika datang ke kota kecil ini. Semoga bermanfaat bagi para calon wisatawan dan sebagai referensi dalam rencana perjalanan Anda.